Download RPP IPA Kurtilas Literasi Hots 4C PPK

Kegiatan Inti

Sintak

Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran  
Stimulation(stimullasi/pemberianrangsangan) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Penyelidikan IPA
–          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–          Kegunaan Mempelajari IPA
–          Objek yang Di pelajari dalam IPA
dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di bawah ini :
Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah ini :
Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Penyelidikan IPA
–  Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–  Kegunaan Mempelajari IPA
–  Objek yang Di pelajari dalam IPA
Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
Ø  Penyelidikan IPA
–  Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–  Kegunaan Mempelajari IPA
–  Objek yang Di pelajari dalam IPA
Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Penyelidikan IPA
–  Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–  Kegunaan Mempelajari IPA
–  Objek yang Di pelajari dalam IPA

90 minit
Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø   Penyelidikan IPA
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Apa yang dimaksud penyelidikan IPA?
Ø  Seperti apa objek yang di pelajari dalam IPA ?
 
Data collection (pengumpulan data) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian,
Wawancara dengan nara sumber
Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang·  Penyelidikan IPA
–  Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–  Kegunaan Mempelajari IPA
–  Objek yang Di pelajari dalam IPA

Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang

·  Penyelidikan IPA
–  Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–  Kegunaan Mempelajari IPA
–  Objek yang Di pelajari dalam IPA
Mempresentasikan ulang
Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
Mendiskusikan
Mengulang
Saling tukar informasi tentang  :

·  Penyelidikan IPA
–  Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
–  Kegunaan Mempelajari IPA
–  Objek yang Di pelajari dalam IPA
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

 

Download Now Link 1
Download Now Link 2
Download Now Link 3
Download Now Link 4
Download Now Link 5

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Desember 24, 2017, in Buku BSE, CD Bimbingan Belajar, CD BSE SD, SMP, SMA/SMK, CD RPP dan SILABUS, PTK Semua Jenjang and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Download RPP IPA Kurtilas Literasi Hots 4C PPK.

Komentar ditutup.