MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

PPKn FASE D KELAS VII

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

PPKn FASE D KELAS VII

 

INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

Penyusun

Instansi

Tahun Penyusunan

Jenjang Sekolah

Mata Pelajaran

Fase / Kelas

Bab I

Elemen

Capaian Pembelajaran (CP)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alokasi Waktu

:

:

:

:

:

:

:

:

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

:

……………………………….

SMP ……………………….

Tahun 2022

SMP

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

D / VII

Sejarah Kelahiran Pancasila

Pancasila

Peserta didik mampu menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara. Peserta didik memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa. Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila.

6 x 3 jam pelajaran

B.  KOMPETENSI AWAL

  • Menghayati sejarah kelahiran Pancasila sebagai karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri.
  • Menjelaskan proses kelahiran, perumusan, hingga penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
  • Mempraktikkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

§  Beriman, bertakwa, berakhlak mulia

  • Bernalar kritis
  • Kreatif

D.  SARANA DAN PRASARANA

§  Sumber Belajar : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk SMP Kelas VII, Penulis: Zaim Uchrowi, Ruslinawati.

§  Media pembelajaran : laptop serta proyektor/LCD.

 

E.  TARGET PESERTA DIDIK

§  Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

§  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.  MODEL PEMBELAJARAN

§  Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Alur dan Tujuan Pembelajaran :

1.  Peserta didik mampu menghayati sejarah kelahiran Pancasila sebagai karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri.

2.  Peserta didik mampu menjelaskan proses kelahiran, perumusan, hingga penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

3.  Peserta didik mampu mempraktikkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

  • Meningkatkan kemampuan siswa tentang latar sejarah, kelahiran, perumusan, hingga penetapan Pancasila sebagai dasar negara. Bila negara Indonesia diibaratkan rumah bagi seluruh warga Indonesia, Pancasila merupakan pondasinya yang harus dibangun lebih dahulu.

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

  • Bagaimana proses terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara?
  • Kapan Pancasila lahir dan mengapa demikian jelaskan?
  • Kapan Pancasila disahkan sebagai dasar negara?
  • Siapa pencetus Pancasila sebagai dasar negara?

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

    Pembelajaran Latar Sejarah Kelahiran Pancasila (Pertemuan 1–3)

Pertemuan

Kegiatan

Konten Pembelajaran

1

Pembuka

1.  Mengucap salam, mengajak berdoa, mengucap selamat datang di SMP/Tsanawiyah.

2.  Mengenalkan diri ke siswa.

3.  Mencairkan suasana seperti dengan berpantun.

(Misalnya: “Ke sungai memancing ikan gabus, yang

didapat malah ikan sepat /Kalau belajar PPKn dengan

bagus, pastilah kalian jadi siswa hebat”)

4.  Menanyakan pada siswa nama dan latar belakangnya.

5.  Mengecek kehadiran dan mengondisikan kelas.

6.  Mengajak menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Juli 9, 2023, in CD RPP dan SILABUS and tagged , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA.

Komentar ditutup.