MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
PPKn FASE D KELAS VII
MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA
PPKn FASE D KELAS VII
INFORMASI UMUM |
||||
A. IDENTITAS MODUL |
||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Bab I Elemen Capaian Pembelajaran (CP)
Alokasi Waktu |
: : : : : : : : :
: |
………………………………. SMP ………………………. Tahun 2022 SMP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan D / VII Sejarah Kelahiran Pancasila Pancasila Peserta didik mampu menganalisis kronologis lahirnya Pancasila; mengkaji fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, serta mengenal Pancasila sebagai ideologi negara. Peserta didik memahami implementasi Pancasila dalam kehidupan bernegara dari masa ke masa. Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan Pancasila dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi kontribusi Pancasila sebagai pandangan hidup dalam menyelesaikan persoalan lokal dan global dengan menggunakan sudut pandang Pancasila. 6 x 3 jam pelajaran |
||
B. KOMPETENSI AWAL |
||||
|
||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||
§ Beriman, bertakwa, berakhlak mulia
|
||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||
§ Sumber Belajar : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, untuk SMP Kelas VII, Penulis: Zaim Uchrowi, Ruslinawati. § Media pembelajaran : laptop serta proyektor/LCD.
|
||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||
§ Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. § Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||
F. MODEL PEMBELAJARAN |
||||
§ Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning. |
||||
KOMPNEN INTI |
||||
A. TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||
Alur dan Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu menghayati sejarah kelahiran Pancasila sebagai karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. 2. Peserta didik mampu menjelaskan proses kelahiran, perumusan, hingga penetapan Pancasila sebagai dasar negara. 3. Peserta didik mampu mempraktikkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. |
||||
B. PEMAHAMAN BERMAKNA |
||||
|
||||
C. PERTANYAAN PEMANTIK |
||||
|
||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||
Pembelajaran Latar Sejarah Kelahiran Pancasila (Pertemuan 1–3) |
||||
Pertemuan |
Kegiatan |
Konten Pembelajaran |
||
1 |
Pembuka |
1. Mengucap salam, mengajak berdoa, mengucap selamat datang di SMP/Tsanawiyah. 2. Mengenalkan diri ke siswa. 3. Mencairkan suasana seperti dengan berpantun. (Misalnya: “Ke sungai memancing ikan gabus, yang didapat malah ikan sepat /Kalau belajar PPKn dengan bagus, pastilah kalian jadi siswa hebat”) 4. Menanyakan pada siswa nama dan latar belakangnya. 5. Mengecek kehadiran dan mengondisikan kelas. 6. Mengajak menyanyikan lagu Garuda Pancasila. |
Posted on Juli 9, 2023, in CD RPP dan SILABUS and tagged CD RPP dan SILABUS, download rpp kurikulum merdeka, RPP SILABUS TEMATIK KURIKULUM 2013 SD SMP SMA, silabus. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA.