RPP SMP Revisi 2021 Matematika Kelas 7 Free Download
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Sekolah : SMP ……………. Mata Pelajaran : Matematika |
|
Kelas/Semester : VII / 1 (Ganjil) Alokasi Waktu : 160 Menit |
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah menyimak penjelasan guru, peserta didik dapat: · Menjelaskan urutan pada bilangan bulat · Mengurutkan bilangan bulat |
Media Pembelajaran & Sumber Belajar |
1. Media 2. Sumber Belajar |
: Laptop, LCD, Power Point, Internet : As’ari, Abdur Rahman, dkk. Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.: |
B. EGIATAN PEMBELAJARAN |
Pertemuan Ke-2 |
Pendahuluan (15 menit) |
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin 2. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. 3. Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Mengurutkan Bilangan Bulat. 4. enjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti (90 Menit) |
KEGIATAN LITERASI · Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Mengurutkan Bilangan Bulat. CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Mengurutkan Bilangan Bulat. COLLABORATION (KERJASAMA) · Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Mengurutkan Bilangan Bulat. COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) · Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan CREATIVITY (KREATIVITAS) · Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Mengurutkan Bilangan Bulat. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Penutup (15 menit) |
1. Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 2. Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN 1. Penilaian Pengetahuan : Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran), Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan dan Penugasan (Lihat Lampiran)
2. Penilaian Keterampilan : Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek (Lihat Lampiran, Penilaian Produk (Lihat Lampiran, Penilaian Portofolio |
Mengetahui,
Kepala Sekolah
………………………………………… NIP …………………………………..
|
………………………….
Guru Mata Pelajaran
………………………………………… NIP …………………………………..
|
Posted on November 16, 2021, in CD RPP dan SILABUS and tagged BSE dengan RPP, CD RPP dan SILABUS, Karya Tulis Ilmiah, KIKD, KIKD SD/MI, KTI, Penelitian Tindakan Kelas, Promes, Promes SD/MI, PROTA, Prota SD/MI, ptk, rpp, RPP 1 lembar, RPP 1 lembar SD/MI, rpp 2021, RPP 2021 Daring Luring 1 lembar Kelas 1 SD semester 2, RPP daring, RPP daring SD/MI, RPP daring SMK/SMA, RPP daring SMP/MTs, RPP luring, RPP luring SD/MI, rpp silabus prota promes, silabus, SILABUS SD/MI. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada RPP SMP Revisi 2021 Matematika Kelas 7 Free Download.