Gratis RPP Revisi 2017 Tema 2 SD Bermain Di lingkunganku PB 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

Satuan Pendidikan      :     SDN………………..

Kelas / Semester          :     II / 1

Tema 2                            :     Bermain di Lingkunganku

Sub Tema 1                   :     Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran Ke          :     5

Alokasi Waktu               :     1 Hari

 

 

  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

  1. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

 

PJOK

3.2 Memahami variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

 

PPKn

1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di sekolah.

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

 

 

  1. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Bahasa Indonesia

  • Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
  • Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.

 

PJOK

  • Dengan mengamati guru mendemonstrasikan permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
  • Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.

 

PPKn

  • Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  • Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  • Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.

 

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Dengan melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana dengan benar.
  • Dengan mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.
  • Dengan mengamati guru mendemonstrasikan permainan “Kepala Pundak Lutut Kaki”, siswa dapat menjelaskan prosedur variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan benar.
  • Dengan bimbingan guru, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat benar.
  • Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  • Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
  • Dengan berdiskusi bersama orang tua di rumah, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.

 

  • Karakter siswa yang diharapkan :  Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong-royong

Integritas

 

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi

Waktu

Pendahuluan §  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Religius)

§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Bermain di lingkunganku”. (Integritas)

§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. ( Communication )

10 menit
Inti §  Pada awal pembelajaran, siswa diarahkan mengamati dan membaca teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas” dengan teman sebangkunya. ( Literasi )

§  Kemudian, dua orang siswa diminta membacakan teks percakapan tersebut ke depan kelas, sedangkan siswa lain diarahkan untuk mendengarkan.

§  Siswa menceritakan isi teks percakapan dengan menggunakan bahasa sendiri.

§  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang isi teks percakapan.

§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”. (Mandiri)

§  Siswa saling bertukar pikiran dari jawaban yang telah ditulis. ( Collaboration )

§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang.

§  Siswa melakukan percobaan berdasarkan langkah kerja yang ada pada buku siswa. (Gotong-royong)

§  Siswa melakukan pengamatan terhadap percobaan yang dilakukan, kemudian menuliskan hasil pengamatan dan simpulan dari kegiatan tersebut. ( Critical Thinking and Problem Solving )

§  Hasil pengamatan masing-masing kelompok dibacakan di depan kelas secara bergantian.

§  Masing-masing kelompok diarahkan untuk saling memberikan tanggapan maupun saran atas hasil pengamatan yang dibacakan.

§  Siswa mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”. ( Literasi )

§  Siswa menyebutkan isi teks bacaan yang telah didengar.

§  Beberapa orang siswa menceritakan isi teks tersebut menggunakan bahasa sendiri.

§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan “Meniup Balon”. (Mandiri)

§  Siswa saling bertukar pikiran dari jawaban yang telah ditulis. ( Creativity and Innovation )

§  Siswa menceritakan kembali secara lisan isi teks “Meniup Balon”.

§  Siswa mengamati gambar Beni dan teman-teman yang sedang bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.

§  Siswa bertanya jawab tentang gambar dan mendengarkan guru menjelaskan aturan dalam bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”.

§  Siswa menceritakan pengalamannya setelah mengikuti permainan. ( Literasi )

§  Siswa membaca teks pendek tentang aturan di rumah.

§  Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan terkait teks yang telah dibaca.

§  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang aturan di rumah.

§  Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan memberi tanda centang (√) pada tabel yang ada di buku siswa.

§  Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang aturan yang ada di rumah. (Gotong-royong)

§  Berdasarkan diskusi yang telah dilakukan, siswa menuliskan aturan yang ada di rumahnya.

§  Siswa diarahkan untuk membiasakan mematuhi aturan di rumah.

150 menit
Penutup §  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)

§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

§  Melakukan penilaian hasil belajar

§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)

 

15 menit

 

  1. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
  • Buku Siswa Tema : Bermain di Lingkunganku Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
  • Teks percakapan “Balon dan Perahu Kertas”
  • Alat dan bahan kegiatan percobaan (balon dan kantong plastik bening)
  • Teks bacaan “Meniup Balon”
  • Gambar Beni dan teman-teman bermain “Kepala Pundak Lutut Kaki”

 

MENGETAHUI

KEPALA SEKOLAH

 

 

 

 

………………………..

 

GURU KELAS II

 

 

 

 

 

………………………..

 

 

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Agustus 13, 2017, in Buku BSE, CD Bimbingan Belajar, CD BSE SD, SMP, SMA/SMK, CD RPP dan SILABUS, PTK Semua Jenjang and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Gratis RPP Revisi 2017 Tema 2 SD Bermain Di lingkunganku PB 5.

Komentar ditutup.