Bse, Prota, Prosem, RPP, Silabus, dan format Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi.

Bse, Prota, Prosem, RPP, Silabus, dan format Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      :     __________________________________
Kelas / Semester          :     II / 1
Tema 1                            :     Hidup Rukun
Sub Tema 1                   :     Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran Ke          :     1
Alokasi Waktu               :     1 x Pertemuan (5×35 Menit)

  1. KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. KOMPETENSI DASAR (KD)

Matematika
3.1    Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1    Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bahasa Indonesia
3.3    Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3    Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.5    Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5    Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.3    Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3    Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
SBdP
3.2    Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8    Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

  1. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Matematika
3.1.1   Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2   Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1   Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2   Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100
Bahasa Indonesia
3.3.1   Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2   Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1   Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1   Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1   Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
PPKn
3.3.1   Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1   Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
SBdP
3.2.1   Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1   Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis secara teliti.
  • Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat me-mainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
  • Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
  • Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
  • Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  • Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  • Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
  • Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
  • Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
  • Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
  • Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
  • Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
  • Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
  • Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
  1. MATERI PEMBELAJARAN
  • Pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
  • Pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
  • Menentukan karakter setiap individu di rumah.
  • Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
  • Teks permintaan maaf.
  • Memperagakan contoh ucapan permohonan maaf.
  • Membilang sampai 500.
  • Melengkapi deret bilangan berpola +1.
  • Menulis teks buku harian.
  1. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Link terkait Bse, Prota, Prosem, RPP, Silabus, dan format Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi.

RPP SILABUS REVISI 2016 SMK
RPP SILABUS REVISI 2016 SMA
RPP SILABUS REVISI 2016 SMP
RPP SILABUS REVISI 2016 SD

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Agustus 8, 2017, in CD RPP dan SILABUS and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Bse, Prota, Prosem, RPP, Silabus, dan format Penilaian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi..

Komentar ditutup.