Download Buku BSE SD SMP dan SMA Revisi 2017 terbaru

Download Buku BSE SD SMP dan SMA Revisi 2017 terbaru disini tersedia dalam 1 folder, misal kelas 4 SD disana ada 9 tema, setiap tema ada namanya sub tema, untuk sub tema itu sendiri mengandung 3 subtema dalam 1 tema, tidak hanya itu didalam subtema ada yang namaya Pb tiap sub tema dan lebih dari 1 sesuai dengan buku yang di pakai, Pb 1 hingga Pb 6 masing masing sub tema. Apabila pendidik membuat hal semacam ini maka perlu adanya waktu yang sangat banyak, dan waktu yang banyak itu digunakan untuk membuat perangkat ini, dalam hal ini kebanyakan pembuatan perangkat di dibuat pada saat jam mengajar sekolah, sehingga ketika mengajar tidak fokus pada materi, melainkan pada perangkat yang akan dibuat. dan lebih di rugikan adalah peserta didik yang tidak mendapatkan pengajaran yang tidak maksimal. supaya maksimal, maka pendidik hanya perlu edit saja, tanpa harus membuatnya.

berikut adalah kelas 1 tema 1 sub tema 1 pb 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

                                    Satuan Pendidikan             : SD ……………………………
Kelas / Semester                  : I ( Satu ) / 1 ( Satu )
Tema / Subtema                   : 1. Diriku / 1. Aku dan teman baru
Pembelajaran ke                  : 1 ( Satu )
Alokasi Waktu                      : 5 x 35 Menit ( 1 Pertemuan )

  1. KOMPETENSI INTI
  2. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  3. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  5. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

  1. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar :

  • Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
  • Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan

Indikator :

  • Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
  • Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat.

SBdP

          Kompetensi Dasar:

3.2   Memahami elemen musik melalui lagu.

 Indikator:

  • Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia.

 PPKn

          Kompetensi Dasar:

3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

 Indikator:

3.2.4Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah.

4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah.

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui permainan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
  2. Melalui kegiatan permainan, siswadapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
  3. Melalui kegiatan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

 

  1. MATERI PEMBELAJARAN
  2. Kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya.
  3. Elemen musik melalui lagu.
  4. Aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

 LANGKAH_LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan Kegiatan 1

Model Pembelajaran Kooperatif

1.    Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.

2.    Siswa berdo’a dipimpin oleh guru atau salah satu siswa yang ditunjuk

3.    Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.

4.    Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman 2) “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”

5.    Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.

6.    Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saat hendak pergi ke sekolah.

15 Menit
Kegiatan Inti Kegiatan 1

1.    Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.

2.    Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)

3.    Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).

4.    Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak…biasa dipanggil Ibu/Bapak… kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)

5.    Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.

6.    Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

7.    Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.

1 2 l 3 . l 3 4 l 5 . l

Sia pa kah na ma mu

5 4 l 3 . l 3 3 l 1 . ll

Na ma ku Si ti (sebutkan namamu)

8.    Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.

9.    Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.

10. Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.

11. Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

180 Menit
Penutup 1.    Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.

2.    Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.

3.    Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.

4.    Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.

15 Menit

 

  1. PENILAIAN
  2. Teknik Penilaian
  3. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
  4. Penilaian pengetahuan
  • Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas (guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan).
  1. Penilaian keterampilan:

Penilaian Unjuk Kerja

Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian

Kemampuan memperkenalkan diri

 

 

 

 

 

 

No Nama Kemampuan memperkenalkan diri Jumlah Nilai
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan Siswa mampu menyebutkan nama panjang Siswa mampu menyebutkan nama panggilan Siswa belum mampu memperkenalkan diri
BS ( 4 ) B ( 3 ) C ( 2 ) PP ( 1 )
1. Dayu
2. Udin
3. Nina

 

Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

 

No Nama Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan Jumlah Nilai
Siswa mampu melakukan permainan sesuai instruksi tanpa pengarahan ulang Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tetapi dg 1 kali pengarahan ulang Siswa mampu melakukan permainan sesuai instruksi tetapi lebih dari 1 kali pengarahan ulang Siswa belum mampu melakukan permainan
BS ( 4 ) B ( 3 ) C ( 2 ) PP ( 1 )
1. Dayu
2. Udin
3. Nina

 

Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap

 

No Nama Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap Jumlah Nilai
Siswa mampu menangkap dan melempar bola dg akurat tidak meleset Siswa mampu menangkap dan melempar bola tetapi 1-2 kali meleset Siswa mampu menangkap dan melempar bola tetapi lebih dari 3 kali meleset Siswa belum menangkap dan melempar bola
BS ( 4 ) B ( 3 ) C ( 2 ) PP ( 1 )
1. Dayu
2. Udin
3. Nina

 

 

  1. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN

 

  1. Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
  2. Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi.
  3. Buku siswa.

 

 

 

 

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

 

 

 

Lamongan,

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

Guru Kelas 1

 

 

 

 

 

 

 

 Untuk lebih lengkapnya, silahkan download disini / atau dibawah ini :

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Juli 30, 2017, in CD RPP dan SILABUS and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Download Buku BSE SD SMP dan SMA Revisi 2017 terbaru.

Komentar ditutup.