RPP SILABUS SMP REVISI 2016 bahasa indonesia kelas 7
Posted by MenDikBud
RPP SILABUS SMP REVISI 2016 bahasa indonesia kelas 7 bisa download disini
SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 6 JP/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll) yang didengar dan dibaca. |
Teks deskripsi
· Pengertian teks deskripsi · Isi teks deskripsi · Ciri umum teks deskripsi · Struktur teks deskripsi · Kaidah kebahasaan
|
· Mengamati model-model teks deskripsi.
· Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi · Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya. · Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya. · Mengidentifikasi model teks deskripsi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya. |
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentangobjek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis |
· Struktur teks deskripsidan contoh-contoh telaahannya.
· Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh-contoh telaahannya. · Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi. · Teknik penyuntingan teks deskripsi.
|
· Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.
· Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya. · Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan. · Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman.
|
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi)yang didengar dan dibaca
|
· Pengertian dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
· Unsur-unsur teks cerita narasi. · Struktur teks narasi. · Kaidah kebahasaan teks narasi. · Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung · Penceritaan kembali isi teks narasi |
· Mengamati model-model teks narasi.
· Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi · Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi · Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi · Menceritakan kembali dengan cara naratif |
3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
|
· Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
· Kebahasaan teks cerita fantasi · Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi · Ejaan dan tanda baca · Langkah-langkah menulis cerita fantasi |
· Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi
· Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan · Mengurutkan bagian-bagian cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis ceritafantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca · Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan karya |
3.5Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.5Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar |
Teks prosedur
· Ciri umum teks prosedur · Struktur teks: Tujuan, bahan, alat langkah, · Ciri kebahasaan: kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja,kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan (kemudian, selanjutnya, dll) · Simpulan isi teks prosedur |
· Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur
· Mendaftar kalimat yang menunjukkan tujuan, bahan, alat, langkah-langkah · Mendiskusikan ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, struktur, ragam/ jenis teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur · Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis teks prosedur |
3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis |
· Variasi pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
· Variasi kalimat perintah/ saran/ larangan · Prinsip penyusunan kalimat perintah · Pilihan kata dalam penyusunan teks prosedur · Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan |
· Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur
· Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi • Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan tanda baca/ ejaan • Memublikasikan teks prosedur yang dibuat
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasiyang berupa buku pengetahuanyang dibaca dan didengar
|
Teks laporan hasil observasi
· Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO) · Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi · Ciri umum laporan |
· Mendaftar dan mendiskusikaninformasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian dalam teks laporan observasi.
· Merinci isi teks LHO (bagian definisi/ klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan) · Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO · Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi |
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasiyang berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan |
· Struktur teks LHO
· Variasi pola penyajian teks LHO · Variasi kalimat definisi, variasi pola penyajian teks LHO
|
· Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO
· Mendata jenis-jenis dan variasi pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian · Merangkum teks LHO · Mempresentasikan teks LHO yang ditulis
|
Bandung, Juli 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………… ………………………….
About MenDikBud
Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.Posted on Juli 27, 2017, in CD RPP dan SILABUS and tagged bse rpp silabus, cetak rpp silabus k13, gratis rpp, mendikbud rpp sd k13, rpp dan silabus revisi 2016, rpp silabus k13, rpp silabus smk kurikulum 2013, rpp terbaru. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada RPP SILABUS SMP REVISI 2016 bahasa indonesia kelas 7.
Komentar ditutup.