2016 GRATIS SILABUS SMK K13

Sehubungan dengan Program Pemerintah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Perlu untuk diketahui bahwa kurikulum 2013 adalah pengganti dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang pada pelaksanaannya menekankan tiga penilaian, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku.

Silabus sendiri merupakan suatu rencana pembelajaran yang pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup semua standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus adalah penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator untuk tercapainya kompetensi penilaian. Silabus juga dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar, menengah, dan atas sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran yang berlaku. Silabus ini juga digunakan sebagai dasar atau acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

 

Di dalam silabus kurikulum 2013 mungkin tidak memuat beberapa komponen, yaitu :

 

  • Kompetensi Inti adalah gambaran yang bersangkutan dengan kategori mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari dan dimengerti peserta didik untuk semua jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
  • Kompetensi Dasar adalah kemampuan spesifik yang mencakup semua sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berhubungan dengan muatan atau mata pelajaran.
  • Materi Pokok mencakup fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis yang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
  • Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan pendidik dan peserta didik untuk tercapainya kompetensi yang diharapkan.
  • Penilaian adalah proses dari pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan sebuah pencapaian hasil belajar dari peserta didik.
  • Alokasi waktu yang sesuai dengan jumlah jam mata pelajaran didalam struktur kurikulum baik untuk satu semester maupun satu tahun.
  • Sumber Pembelajaran yang didapat baik berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar maupun sumber belajar lain yang relevan.

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Januari 11, 2016, in PTK Semua Jenjang. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada 2016 GRATIS SILABUS SMK K13.

Komentar ditutup.