Soal SD kelas 1 Implementasi RPP Revisi 2017

Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013?
Jawaban:
Pendekatan saintifik
Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013:

  1. Discovery base learning
  2. Problem Base Learning
  3. Project Based Learning

Contoh model-model  lain yang dikembangkan dari model pembelajaran diatas:

 

  1. Model Pembelajaran Kolaborasi
  2. Model Pembelajaran Individual
  3. Model Pembelajaran Teman Sebaya
  4. Model Pembelajaran Sikap
  5. Model Pembelajaran Bermain
  6. Model Pembelajaran Kelompok
  7. Model Pembelajaran Mandiri
  8. Model Pembelajaran Multimodel

Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Jawaban:

  1. Penilaian tugas kelompok/ diskusi
  2. Penilaian pengamatan
  3. Penilaian kinerja/ pembuatan kerya
  4. Penilaian laporan portofolio

Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013?
Jawaban:

Kurikulum 2006 Kurikulum 2013
Kompetensi Lulusan
1.    Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
2.    Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
3.    Pengetahuan-pengetahuan lepas
Materi Pembelajaran
1.    Belum relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
2.    Beban belajar terlalu berat
3.    Terlalu luas, kurang mendalam
Proses Pembelajaran
1.    Berpusat pada guru (teacher centered learning)
2.    Sifat pembelajaran yang berorientasi pada buku teks
3.    Buku teks hanya memuat materi bahasan
Penilaian
1.    Menekankan aspek kogniti
2.    Test menjadi cara penilaian yang dominan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.    Memenuhi kompetensi profesi saja
2.    Fokus pada ukuran kinerja
Pengelolaan Kurikulum
1.    Satuan pendidikan mempunyai kebebasan dalam pengelolaan kurikulum
2.    Masih terdapat kecenderungan satuan pendidikan menyusun kurikulum tanpa mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan potensi daerah
3.    Pemerintah hanya menyiapkan sampai standar isi mata pelajaran
Kompetensi Lulusan
1.    Berkarakter mulia
2.    Keterampilan yang relevan
3.    Pengetahuan-pengetahuan terkait
Materi Pembelajaran
1.    Relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan
2.    Materi esensial
3.    Sesuai dengan tingkat perkembangan anak
Proses Pembelajaran
1.    Berpusat pada peserta didik (student centered active learning)
2.    Sifat pembelajaran yang kontekstual
3.    Buku teks memuat materi dan proses pembelajaran, sistem penilaian serta kompetensi yang diharapkan
Penilaian
1.    Menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional
2.    Penilaian test dan portofolio saling melengkapi
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1.    Memenuhi kompetensi profesi, pedagogi, sosial, dan personal
2.    Motivasi mengajar
Pengelolaan Kurikulum
1.    Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kendali kualitas dalam pelaksanaan kurikulum di tingkat satuan pendidikan.
2.    Satuan pendidikan mampu menyusun kurikulum dengan
3.    mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan potensi daerah
4.    Pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum sampai buku teks dan pedoman

About MenDikBud

Blog ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat untuk mengetahui lebih jauh layanan, produk, counter-counter ptkrppbse.my.id serta informasi peluang kemitraan/keagenan. Blog ini juga akan menampilkan berita-berita terkait PTK, RPP, SILABUS, PROTA, PROMES dan BSE, yang perlu diketahui masyarakat.

Posted on Agustus 28, 2017, in Buku BSE, CD Bimbingan Belajar, CD BSE SD, SMP, SMA/SMK, CD RPP dan SILABUS, PTK Semua Jenjang and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Soal SD kelas 1 Implementasi RPP Revisi 2017.

Komentar ditutup.