Soal SD kelas 1 Implementasi RPP Revisi 2017
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam kurikulum 2013?
Jawaban:
Pendekatan saintifik
Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013:
Contoh model-model lain yang dikembangkan dari model pembelajaran diatas:
- Model Pembelajaran Kolaborasi
- Model Pembelajaran Individual
- Model Pembelajaran Teman Sebaya
- Model Pembelajaran Sikap
- Model Pembelajaran Bermain
- Model Pembelajaran Kelompok
- Model Pembelajaran Mandiri
- Model Pembelajaran Multimodel
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Jawaban:
- Penilaian tugas kelompok/ diskusi
- Penilaian pengamatan
- Penilaian kinerja/ pembuatan kerya
- Penilaian laporan portofolio
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013?
Jawaban:
Kurikulum 2006 | Kurikulum 2013 |
Kompetensi Lulusan 1. Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter 2. Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan 3. Pengetahuan-pengetahuan lepas Materi Pembelajaran 1. Belum relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan 2. Beban belajar terlalu berat 3. Terlalu luas, kurang mendalam Proses Pembelajaran 1. Berpusat pada guru (teacher centered learning) 2. Sifat pembelajaran yang berorientasi pada buku teks 3. Buku teks hanya memuat materi bahasan Penilaian 1. Menekankan aspek kogniti 2. Test menjadi cara penilaian yang dominan Pendidik dan Tenaga Kependidikan 1. Memenuhi kompetensi profesi saja 2. Fokus pada ukuran kinerja Pengelolaan Kurikulum 1. Satuan pendidikan mempunyai kebebasan dalam pengelolaan kurikulum 2. Masih terdapat kecenderungan satuan pendidikan menyusun kurikulum tanpa mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan potensi daerah 3. Pemerintah hanya menyiapkan sampai standar isi mata pelajaran |
Kompetensi Lulusan 1. Berkarakter mulia 2. Keterampilan yang relevan 3. Pengetahuan-pengetahuan terkait Materi Pembelajaran 1. Relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan 2. Materi esensial 3. Sesuai dengan tingkat perkembangan anak Proses Pembelajaran 1. Berpusat pada peserta didik (student centered active learning) 2. Sifat pembelajaran yang kontekstual 3. Buku teks memuat materi dan proses pembelajaran, sistem penilaian serta kompetensi yang diharapkan Penilaian 1. Menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik secara proporsional 2. Penilaian test dan portofolio saling melengkapi Pendidik dan Tenaga Kependidikan 1. Memenuhi kompetensi profesi, pedagogi, sosial, dan personal 2. Motivasi mengajar Pengelolaan Kurikulum 1. Pemerintah Pusat dan Daerah memiliki kendali kualitas dalam pelaksanaan kurikulum di tingkat satuan pendidikan. 2. Satuan pendidikan mampu menyusun kurikulum dengan 3. mempertimbangkan kondisi satuan pendidikan, kebutuhan peserta didik, dan potensi daerah 4. Pemerintah menyiapkan semua komponen kurikulum sampai buku teks dan pedoman |
Posted on Agustus 28, 2017, in Buku BSE, CD Bimbingan Belajar, CD BSE SD, SMP, SMA/SMK, CD RPP dan SILABUS, PTK Semua Jenjang and tagged 8, 9 kurtilas revisi 2017, buku b.arab kls 7, IPA kelas 9 semester 1, jurnal harian tema 2 kelas sd k13, materi kurtilas kelas 5 sd, perangkat pembelajaran sejarah indonesia k 13 kelas X, RPP dan Silabus K13 SD, Rpp k13 b.indonesia kls 6, RPP KELAS 2 TEMA 2, rpp kelas 4 k13 revisi 2017, rpp multimedia smk, smua perangkat pembeljaran MA Dan smp. Bookmark the permalink. Komentar Dinonaktifkan pada Soal SD kelas 1 Implementasi RPP Revisi 2017.